February 12, 2013

Medan Magnet Di Banyumas


Medan Magnet Bumi
INFO HARIAN-  Anda mungkin pernah mendengar tentang medan magnet. Mari sedikit kita mengingat kembali pejaran fisika. Medan magnet mempunyai arti ruang di mana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet. 

Seperti pada hukum fisika semakin besar kekuatan suatu magnet, makin besar pula medan magnetnya. Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet. Garis gaya magnet bermula dari kutub utara dan berakhir di kutub selatan magnet. Magnet memiliki berbagai bentuk, namun tahukah anda jika Bumi adalah sebuah magnet raksasa yang juga memiliki kutub dan medan magnet. Anda boleh percaya atau tidak di beberapa tempat di dunia ini ada yang memiliki medan magnet yang kuat berbeda dengan tempat yang lain, seperti medan magnet di Banyumas.


Di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, atau tepatnya di area Balai Besar Pembibitan Ternak Sapi Perah inilah, daya tarik magnet cukup terasa. Kekuatan daya tarik magnet ini bahkan bisa menarik mundur hampir semua jenis kendaraan roda empat, meski kondisi mesin dimatikan. Kekuatan daya tarik magnet terlihat cukup besar, dengan dibuktikan laju kendaraan pada jalan yang cukup menanjak ini.

Banyak warga yang pernah merasakan medan magnet di Banyumas ini tanpa sengaja, namun ada juga warga yang memang sengaja mencoba dengan mematikan mesin mobilnya kemudian turun dari mobil dibuat terkejut, saat mobil miliknya bisa melaju mundur sendiri. Mereka pun mengejar mobilnya karena takut menabrak saat mobil melaju tanpa pengemudi. Kekuatan daya tarik magnet ini sendiri berada di tengah jalan dengan panjang sekira 200 meter

Medan magnet ini masih menjadi misteri meski terbukti mempunyai daya tarik magnet, namun kebenarannya belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Warga berharap, jika jalan ini benar-benar mempunyai daya tarik magnet, mereka meminta agar Pemerintah Kabupaten Banyumas bisa menjadikan medan magnet di Banyumas ini  sebagai obyek wisata.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...