January 18, 2012

Sejarah Radio dan Radio Online


Radio Oline

INFO HARIAN - Sejarah radio adalah sejarah teknologi yang menghasilkan peralatan radio yang menggunakan gelombang radio. Awalnya sinyal pada siaran radio ditransmisikan melalui gelombang data yang kontinyu baik melalui modulasi amplitudo (AM), maupun modulasi frekuensi (FM). Metode pengiriman sinyal seperti ini disebut analog. Selanjutnya, seiring perkembangan teknologi ditemukanlah internet, dan sinyal digital yang kemudian mengubah cara transmisi sinyal radio.

Rata-rata pengguna awal radio adalah para maritim, yang menggunakan radio untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awal termasuk Angkatan Laut Jepang yang memata-matai armada Rusia saat Perang Tsushima pada tahun 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah saat tenggelamnya RMS Titanic pada tahun 1912, termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dengan kapal terdekat dan komunikasi ke stasiun darat. Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II; Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Amerika Serikat menyampaikan Program 14 Titik Presiden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang. Siaran mulai dapat dilakukan pada 1920-an, dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran, siaran titik-ke-titik, termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an Penggunaan radio dalam masa sebelum perang adalah untuk mengembangan pendeteksian dan pelokasian pesawat dan kapal dengan penggunaan radar. Sekarang, radio banyak bentuknya, termasuk jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak di segala jenis, dan juga penyiaran radio. Sebelum televisi terkenal, siaran radio komersial termasuk drama, komedi, beragam show, dan banyak hiburan lainnya; tidak hanya berita dan musik saja.


Dewasa ini, radio tidak hanya menggunakan perangkat radio konvensional yang banyak dikenal orang. Namun sekarang banyak sekali orang yang mengakses radio menggunakan komputer yang dihubungkan dengan internet. Radio ini biasa dikenal dengan radio online. Radio Online yang juga dikenal kebanyakan orang sebagai radio internet, web radio, net radio, streaming radio atau bisa juga dikatakan e-radio merupakan layanan penyiaran radio yang di transmisikan melalui jaringan internet. Penyiaran cara membuat radio online yang dilakukan melalui internet disebut webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel. Radio internet memiliki sebuah media streaming yang dapat menyediakan saluran audio secara terus menerus dan tidak ada kontrol operasional penyiaran, seperti media penyiaran radio secara tradiosonal pada umumnya. Bandingkan cara membuat radio online jika kalian membuat radio konvensional yang tentunya biaya yang dibutuhkan untuk membeli perangkat tidak murah

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...