January 15, 2012

Pembangkit Listrik Ndap-ndip dan Pembangkit Listrik Takut Ujan


INFO HARIAN - beberapa waktu yang lalu saya dan berkunjung di daerah perbatasan antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Desa Turisari Kec. Bahuga Kab. Way Kanan. Saya menginap di rumah saudara saya yang sudah lama menetap disana. Kondisi alam disana cukup tenang dan nyaman, udara pagi hari masih sejuk walaupun dalam kondisi musim kemarau. Pada malam pertama saya menginap disana, disuguhi dengan kejadian listrik padam, walaupun tak ada angin dan tak ada hujan. Listrik padam cukup lama sekitar 4 jam dari habis Magrib sampai jam 11an malam. Untuk menghibur diri, saya dan beberapa saudara saya menikmati bintang dilangit sambil duduk di kursi bambu di halaman rumah sambil ber canda dan berbincang-bincang. Didalam perbincangan kami, saya sempat bertanya

"Mas disini memang sering ya listriknya padam?"
Saudaraku dengan senyum-senyum menjawab, "Nggak usah terkejut Dek, disini PLNnya PLTU...alias Pembangkit Listrik Ndap-Ndip (hidup-mati), sama Pembangkit Listrik Takut Ujan.."
Aku tetawa sambil menanyakan alasanya.
" Lha wong listriknya semau udelnya sendiri, kalau mau hidup ya hidup, kalau mau mati ya lang sung mak peett, apa lagi kalau pas hujan pasti langsung peeett..."
Setelah saya pikir-pikir sebentar ternyata tidak salah kalau di sini PLN dan PLTU punya arti nama tersendiri....

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...